Powered By Blogger

Welcome

Assalamualaikum wr wb

Kata pertama yang saya ucapkan adalah "Welkom" Selamat Datang di Antillez Blog. Semoga kalian menikmati isi yang ada di Blog saya.

Sabtu, 04 Februari 2012

Sejarah Yang Pernah Terukir Pada Hari Ini

Hari ini 4 Februari 2012
Saya mau mengajak kalian semua mengenang Peristiwa penting di tanggal 4 Februari
Semoga Bermanfaat

1. 4 Februari 1703 - Di Edo (sekarang Tokyo), 46 dari 47 Ronin melakukan seppuku (ritual bunuh diri) sebagai imbalan atas pembalasan kematian tuan mereka.

2. 4 Februari 1789 - George Washington dengan suara bulat terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat yang pertama oleh Lembaga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden AS.




George Washington (lahir di Westmoreland County, Colony and Dominion of Virginia, Amerika Utara Britania, 22 Februari 1732 – meninggal di Mount Vernon, Virginia, Amerika Serikat, 14 Desember 1799 pada umur 67 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat (1789–1797) yang pertama. Pada usia 11 tahun ayahnya meninggal dunia. George Washington mula mula bekerja sebagai mantri ukur, ia lalu masuk tentara pada usia 21 tahun, dan diangkat menjadi Letnan Kolonel saat mengikuti wajib militer oleh Gubernur negara bagian Virginia. Menikah tahun 1759 dengan Martha Dandridge Custis Washington, George Washington mengurus perkebunannya yang luas di Virginia dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Virginia, hingga Revolusi Amerika pecah. George Washington merupakan anggota perkumpulan rahasia Freemasonry[1].

Ketika berumur 33 tahun, ia memilih untuk memihak rakyat negara bagian Virginia yang memberontak melawan orang-orang Inggris yang mengeluarkan undang - undang yang tidak adil menurut perdapat rakyat Virginia. Ia pun bertugas memimpin tentara Virginia. Pada tahun 1775 ia diangkat menjadi Panglima Tertinggi oleh Kongres Kontinental, yaitu Kongres ke-13 daerah jajahan Kerajaan Inggris[2].

Pada tahun 1776 Revolusi Kemerdekaan Amerika pecah dan Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris. Kepemimpinan George Washington berkontribusi banyak dalam keberhasilan daerah-daerah jajahan di Amerika memperjuangkan kemerdekaannya. Pada tahun 1783 Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, George Washington keluar dari tentara. Empat tahun kemudian pada 1787 ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional[3].

Pada tahun 1789 setelah Konstitusi disahkan, ia dipilih dengan suara bulat menjadi Presiden Amerika yang pertama. Ia menjalankan dua masa jabatan dari tahun 1789 hingga tahun 1797, didampingi oleh John Adams sebagai wakil presiden.
Pada tahun 1799, George Washington meninggal dunia dalam usia 67 tahun di Mount Vernon, setelah tiga tahun meletakkan jabatannya sebagai presiden. Ia tidak memiliki keturunan, hanya seorang anak angkat

3. 4 Februari 1859 - Constantin von Tischendorf menemukan Codex Sinaiticus, sebuah manuskrip Perjanjian Lama abad ke-4, di dalam sebuah biara pada kaki Gunung Sinai, Mesir.




4. 4 Februari 1899 - Dimulainya Perang Filipina-Amerika.

5. 4 Februari 1932 - Perang Sino-Jepang Kedua: Harbin, Manchuria, jatuh ke Jepang.

6. 4 Februari 1936 - Radium menjadi elemen radioaktif pertama yang dibuat secara sintetis.

Radium adalah sebuah unsur kimia yang mempunyai simbol Ra dan nomor atom 88 (lihat tabel periodik).
Radium berwarna hampir putih bersih, namun akan teroksidasi jika terekspos kepada udara dan berubah menjadi hitam. Radium mempunyai tingkat radioaktivitas yang tinggi. Isotopnya yang paling stabil, Ra-226, mempunyai waktu paruh selama 1602 tahun dan kemudian berubah menjadi gas radon.

7. 4 Februari 1945 - Perang Dunia II: Tentara India Britania dan Angkatan Darat Kekaisaran Jepang memulai serangkaian pertempuran yang dikenal sebagai Pertempuran Pokoku dan operasi Sungai Irrawaddy.



8. 4 Februari 1945 - Perang Dunia II: Winston Churchill, Franklin D. Roosevelt dan Joseph Stalin bertemu di Konferensi Yalta.



9. 4 Februari 1948 - Ceylon (kemudian berganti nama menjadi Sri Lanka) menjadi merdeka dalam Negara-Negara Persemakmuran Inggris.





10. 4 Februari 2004 - Facebook, Jejaringan sosial Dunia yang terkenal didirikan oleh Mark Zuckerberg.



Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial paling banyak digunakan menurut pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, diikuti oleh MySpace. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana cara kita menguntit bekas kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan memainkan permainan Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 135,1 juta pengunjung bulanan di AS pada Oktober 2010. Menurut Social Media Today pada April 2010, diperkirakan bahwa 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.

Dan hari ini adalah hari kelahiran
4 Februari 1839 - Hamengkubuwana VII, raja Kesultanan Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar